SIMBOL SISTEM HIDROLIK
Sistem tenaga fluida (sistem hidrolik
dan pneumatik) telah memiliki simbol-simbol grafik sebagai bahasa untuk
mengkomunikasikan berbagai bentuk sirkuit dalam sistem tenaga fluida.
Simbol-simbol ini telah distandarisasi secara internasional,
menganut standard DIN / ISO 1219 yang tentu saja harus dipahami oleh masyarakat
pemakai sistem tenaga fluida. Grafik simbol untuk sistem hidrolik dan sistem
pneumatik sebenarnya sama, hanya saja ada beberapa hal yang berbeda menyangkut
subtansi khusus masing-masing. Pada kesempatan ini akan di bahas grafik symbol untuk
system hidrolik :
Garis tebal = Konduktor utama :
Garis
putus-putus = Pilot atau drain :
Garis sumbu
- batas komponen dalam suatu unit :
Garis
silang (tidak berhubungan) :
Garis yang
menyambung :
Lingkaran
dan semi lingkaran = Pompa, motor, alat ukur :
Lingkaran
besar dan kecil bisa digunakan untuk memberikan tanda bahwa satu komponen
adalah utama dan yang lainnya adalah komponen pelengkap :
Segi tiga =Transmisi power dan energi :
Tanda panah = simbol arah aliran :
Bujur
sangkar = katup dengan satu bujur sangkar untuk setiap posisi katup :
Diamond = unit penkondisian cairan - filter, cooler, drain :
katup Empat persegi panjang = silinder, reservoir, dan beberapa :
Sebuah
tanda panah melalui simbol kira-kira 45 derajat menunjukkan bahwa
komponen-komponen dapat disetel atau dirubah :
Poros yang berputar disimbolkan dengan suatu tanda panah yang
menunjukkan arah perputaran :
Garis
fleksibel :
Port yang
disumbat :
Pemutusan
cepat tanpa Check
Tersambung Putus
Pemutusan
cepat dengan dua Check valve
Tersambung Putus
Simbol ini sama
dengan simbol pentanahan (ground) pada gambar listrik. Beberapa simbol bisa
digunakan dalam satu gambar untuk menunjukkan reservoir yang sama.
Selang
pembalik dibawah level cairan (Reservoir
Selang
pembalik diatas level cairan (Reservoir)
Akumulator
(a)
Akumulator, Dibebani dengan pegas
(c) Akumulator, Diberi berat
Energi Simbol ini digunakan untuk menunjukkan sumber power cairan yang mana bisa
berupa pompa, kompresor, atau sistem lain yang berhubungan.
Kondisioner
cairan
Alat
pengubah panas (pendingin)
Filter - Strainer
Silinder,
Hidrolik dan Pneumatik
Gerakan tunggal
Gerakan ganda
Single End Rod
Double End Rod
Cushion tetap, maju dan mundur
Cushion yang dapat disetel, hanya maju
simbol ini digunakan apabila diameter batang yang dibandingkan dengan diameter lubang
adalah cukup (silinder diferensial).
Aktuator
dan kontrol
Pegas
Kancingan penahan
Menunjukkan notch untuk setiap
kancingan pada komponen yang diberi simbol. Garis pendek menunjukkan yang mana
kancingan tersebut digunakan.) Kancingan bisa diposisikan pada ujung simbol
yang lain.
Manual
Tombol tekan
Lever
Pedal atau injakan
Mekanis
Solenoid listrik (lilitan tunggal)
Tekanan
pilot
Remote Supply
Internal
Supply
Aktuasi dengan tekanan yang dilepaskan
Pilot yang terkontrol, senter
pegas
Pilot
solenoid
Solenoid dan Pilot
Penggabungan
aktuator
Solenoid
dan pilot atau manual override yang menyebabkan alat beroperasi.
Alat yang
berputar
Simbol dasar
Dengan Port
Dengan poros yang berputar,
Dengan kontrol dan dengan Drain
Pompa
hidrolik
Displacement tetap
Displacement variabel
Unidirectional
Bidirectional
Motor
hidrolik
Displacement tetap
Bidirectional
Displacement
variabel
Unidirectional
Bidirectional
Silinder
semi-rotari
Motor,
Engine
Motor listrik
Engine (pembakaran Dalam)
Instrument dan Asesori
Tekanan
Temperatur
Alat ukur aliran
Asesori
Sakelar tekanan
Katup
(Valve)
Katup
dua arah (Katup 2 Ported)
On-Off (Shut Off secara manual)
Check
Check, Pilot-Operated sampai Terbuka
Check, Pilot-Operated sampai tertutup
Katup Dua
Arah
Dua posisi
Normal tertutup Normal terbuka
Posisi tidak tetap
Normal terbuka Normal terbuka
Katup Tiga
Arah
Normal terbuka
Normal tertutup
Check valve
ganda
Katup empat
arah
Dua posisi
Normal
Digerakkan
Tiga posisi
Arah aliran untuk kondisi senter katup tiga
posisi.
Katup
Kontrol Tekanan
Relief Tekanan
simbol yang disederhanakan
Programa/rangkaian
Pengurang Tekanan
Pengurang dan Pembuangan Tekanan
Posisi Tidak Tetap Pada Katup Tiga
Arah
Posisi
Tidak Tetap Pada Katup Empat Arah
Katup
Kontrol Aliran
Dapat disetel,
Nonkompensasi (Kontrol Aliran pada masing-masing Arah)
Dapat disetel dengan Bypass
Dapat disetel dan Tekanan
yang Terkompensasi dengan bypass
Dapat disetel, temperatur
dan Tekanan yang terkompensasi
Simbol
komposite yang ditunjukkan
Pompa,
Displacement ganda, displacement tetap, Satu Isap dan Dua Pembuang
Untuk merancang diagram sirkuit kita
gunakan aturan tata letak seperti gambar berikut.
Untuk penggerak dan
kelompok katup-katup maupun supply elements diberi nomor-nomor atau angka-angka.
Digit pertama menunjukkan nomor aktuator dan juga aktuator mana yang dikontrol
oleh unit pengatur yang sedang bekerja.
Contoh : 1 . 0 , 2 . 0
, 3 . 0 Aktuator ( Working element ).
1 . 1 , 1 . 2 ,
Katup-katup yang mengontrol aktuator no: 1.
2 . 1 , 2 . 2 ,
Katup-katup yang mengontrol aktuator no: 2.
Contoh : Diagram
sirkuit hidrolik
Simbol-simbol dan istilah-istilah sistem hidrolik
<![if !vml]>
<![endif]>
Tujuan dari digunakannya graphic symbol adalah untuk mendapatkan pengertian yang menyeluruh dari fluid power system. Teknik ini bertujuan untuk standarisasi dengan memakai simbol-simbol, suatu cara untuk mendapatkan pengertian yang lebih mudah dalam cara menerangkan komponen dari fluid power system. Hal ini dilakukan dengan menggunakan basic simbol geometri seperti: lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang, segi tiga, busur, panah, garis, titik, tanda silang.
Tujuan dari digunakannya graphic symbol adalah untuk mendapatkan pengertian yang menyeluruh dari fluid power system. Teknik ini bertujuan untuk standarisasi dengan memakai simbol-simbol, suatu cara untuk mendapatkan pengertian yang lebih mudah dalam cara menerangkan komponen dari fluid power system. Hal ini dilakukan dengan menggunakan basic simbol geometri seperti: lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang, segi tiga, busur, panah, garis, titik, tanda silang.
Pada dasarnya, graphic simbol digunakan untuk
menggambarkan fluid power sistem dengan memecah komponen
dalam bentuk seperti berikut ini:
1.
Konduktor (fluid)
2.
Menyimpan energi dan menyimpan fluid
3. Fluid conditioner (heater,
coolers, filters, dll).
4. Linier devices (silinder).
5. Controls (manual, electrical
spring, dll).
6. Rotary devices (pumps dan motors).
7. Instruments dan accessories.
8. Valves.
Jenis- jenis simbol yang umum digunakan pada
diagram rangkaian untuk sistem fluid power.
<![if !supportLists]>a) <![endif]>Simbol-simbol
bergambar sangat berguna dalam menunjukkan interkoneksi komponen. Simbol-simbol
ini susah distandarisasi dari fungsi dasarnya.
<![if !supportLists]>b) <![endif]>Simbol
potongan menekankan tentang konstruksi. Simbol-simbol ini kompleks untuk
digambar dan fungsinya sangat tidak jelas.
<![if !supportLists]>c) <![endif]>Simbol
grafik menekankan tentang fungsi dan metode pengoperasian komponen.
Simbol-simbol ini sangat sederhana untuk digambar.
Peraturan-peraturan simbol
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Simbol-simbol
menunjukkan sambungan, arah aliran dan fungsi komponen-komponen yang
ditunjukkan. Mereka dapat menunjukkan kondisi-kondisi yang terjadi selama
transisi dari satu arah aliran ke arah aliran yang lain. Simbol tidak
menunjukkan konstruksi, maupun nilai, mis. tekanan, jumlah aliran, dan
penentuan komponen-komponen lain.
<![if !supportLists]>2.
<![endif]>Simbol tidak menunjukkan
lokasi port, arah perubahan spool, atau posisi aktuator pada suatu komponen
secara nyata.
<![if !supportLists]>3.
<![endif]>Simbol bisa dirotasi atau
dibalik tanpa merubah maknanya kecuali jika dari
<![if !supportLists]>a) <![endif]>Selang
ke reservoir
<![if !supportLists]>b) <![endif]>Vented
manifold
<![if !supportLists]>c)
<![endif]>Selang yang menyilang - Teknik Pengselangan
Beberapa simbol yang umum digunakan
Garis tebal
- Konduktor utama :
<![if !vml]><![endif]>
Garis
putus-putus - Pilot atau drain :
<![if !vml]><![endif]>
Garis sumbu
- batas komponen dalam suatu unit :
<![if !vml]><![endif]>
Garis silang
:
<![if !vml]><![endif]>
Garis yang
menyambung :
<![if !vml]><![endif]>
Simbol dasar bisa ditunjukkan
dalam ukuran yang sesuai. Ukuran bisa berubah-ubah tergantung penekanan atau
kejelasannya. Ukuran relatif harus dijaga.
Lingkaran dan semi lingkaran (Pompa,
motor, alat ukur)
<![if !vml]><![endif]>
Lingkaran
besar dan kecil bisa digunakan untuk memberikan tanda bahwa satu komponen
adalah “utama dan yang lainnya adalah pembantu”.
<![if !vml]><![endif]>
Segi tiga
(Transmisi power dan energi):
<![if !vml]><![endif]>
Tanda panah
(simbol arah aliran) :
<![if !vml]><![endif]>
Bujur
sangkar (katup dengan satu bujur sangkar untuk setiap posisi katup) :
<![if !vml]><![endif]>
Diamond
(unit penkondisian cairan - filter, cooler, drain) :
<![if !vml]><![endif]>
Empat
persegi panjang (silinder, reservoir, dan beberapa katup) :
<![if !vml]><![endif]>
Setiap simbol digambar
untuk menunjukkan kondisi komponen yang normal atau netral, kecuali jika diagram
multiple diperlengkapi dengan menunjukkan berbagai macam tahap operasi
rangkaian. Menunjukkan simbol aktuator untuk setiap kondisi arah aliran yang
dimiliki oleh komponen.
Sebuah
tanda panah melalui simbol kira-kira 45 derajat menunjukkan bahwa komponen-komponen
dapat disetel atau dirubah.
<![if !vml]><![endif]>
Poros
yang berputar disimbolkan dengan suatu tanda panah yang menunjukkan arah
perputaran (katakanlah tanda panah dekat poros) :
<![if !vml]><![endif]>
Garis
fleksibel :
<![if !vml]><![endif]>
Port yang
disumbat :
<![if !vml]><![endif]>
Pemutusan
cepat tanpa Check
Tersambung Putus
<![if !vml]><![endif]>
Tersambung Putus
<![if !vml]><![endif]>
Reservoir
Vented Diberi tekanan
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Simbol digunakan
sebagai bagian dari rangkaian yang lengkap. Simbol ini sama dengan simbol
pentanahan (ground) pada gambar listrik. Beberapa simbol bisa digunakan dalam
satu gambar untuk menunjukkan reservoir yang sama.
Selang
pembalik dibawah level cairan (Reservoir)
<![if !vml]><![endif]>
Selang
pembalik diatas level cairan (Reservoir)
<![if !vml]><![endif]>
Akumulator
<![if !supportLists]>(a)
<![endif]>Akumulator, Dibebani dengan pegas
<![if !supportLists]>(b)
<![endif]>Akumulator, Diisi dengan gas
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
<![if !vml]><![endif]>
Energi Simbol ini digunakan untuk menunjukkan
sumber power cairan yang mana bisa berupa pompa, kompresor, atau sistem lain
yang berhubungan.
<![if !vml]><![endif]>
Kondisioner
cairan
<![if !vml]><![endif]>
Alat
pengubah panas (pendingin)
<![if !vml]><![endif]>
Filter -
Strainer
<![if !vml]><![endif]>
Silinder,
Hidrolik dan Pneumatik
<![if !supportLists]>(a)
<![endif]>Gerakan tunggal
<![if !supportLists]>(b)
<![endif]>Gerakan ganda
<![if !supportLists]>(c)
<![endif]>Single End Rod
<![if !supportLists]>(d)
<![endif]>Double End Rod
<![if !supportLists]>(e)
<![endif]>Cushion tetap, maju dan mundur
<![if !supportLists]>(f)
<![endif]>Cushion yang dapat disetel, hanya maju
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Gunakan
simbol ini apabila diameter batang yang dibandingkan dengan diameter lubang
adalah cukup (silinder diferensial).
<![if !vml]><![endif]>
Non Cushion Cushion, maju dan Mundur
Pegas
<![if !vml]><![endif]>
Kancingan penahan
<![if !vml]><![endif]>
(Menunjukkan notch untuk setiap
kancingan pada komponen yang diberi simbol. Garis pendek menunjukkan yang mana
kancingan tersebut digunakan.) Kancingan bisa diposisikan pada ujung simbol
yang lain.
Manual
<![if !vml]><![endif]>
Tombol tekan
<![if !vml]><![endif]>
Lever
<![if !vml]><![endif]>
Pedal atau injakan
<![if !vml]><![endif]>
Mekanis
<![if !vml]><![endif]>
<![if !vml]><![endif]>
Tekanan
pilot
<![if !supportLists]>(a)
<![endif]>Remote Supply
<![if !supportLists]>(b)
<![endif]>Internal Supply
<![if !supportLists]>(c)
<![endif]>Aktuasi dengan tekanan yang dilepaskan
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Remote Exhaust dengan pembalik
internal
(d) Pilot yang terkontrol, senter
pegas
<![if !vml]><![endif]>
simbol yang telah disederhanakan
<![if !vml]><![endif]>
Simbol yang lengkap
Solenoid dan Pilot
<![if !vml]><![endif]>
Penggabungan
aktuator
Solenoid
dan pilot atau manual override yang menyebabkan alat beroperasi.
<![if !vml]><![endif]>
Alat yang
berputar
Simbol dasar
<![if !vml]><![endif]>
<![if !supportLists]>(a)
<![endif]>Dengan Port
<![if !supportLists]>(b) <![endif]>Dengan
poros yang berputar, Dengan kontrol dan dengan Drain
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
(a) Displacement tetap
<![if !vml]><![endif]>
(b) Displacement variabel
Unidirectional
<![if !vml]><![endif]>
Bidirectional
<![if !vml]><![endif]>
Motor
hidrolik
(a) Displacement tetap
<![if !vml]><![endif]>
<![if !supportLists]>(c) <![endif]>Displacement
variabel Unidirectional
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Bidirectional
<![if !vml]><![endif]>
Silinder
semi-rotari
<![if !vml]><![endif]>
Motor,
Engine
(a) Motor listrik
<![if !vml]><![endif]>
<![if !vml]><![endif]>
Instrument dan Asesori
<![if !supportLists]>(a)
<![endif]>Tekanan
<![if !supportLists]>(b)
<![endif]>Temperatur
<![if !supportLists]>(c)
<![endif]>Alat ukur aliran
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Asesori
Sakelar tekanan
<![if !vml]><![endif]>
Katup
(Valve)
Simbol dasar katup
tersusun dari satu atau lebih kotak dengan garis di bagian dalam kotak tersebut
yang bertujuan menunjukkan arah aliran dan konditioner diantara port-port.
Sistem tiga simbol digunakan untuk menunjukkan jenis-jenis katup: kotak
sederhana, posisi tetap dan tidak tetap, kontak multiple, posisi tidak tetap.
<![if !supportLists]>1.
<![endif]>Kotak
<![if !supportLists]>2.
<![endif]>Port
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Katup
dua arah (Katup 2 Ported)
On-Off (Shut Off secara manual)
<![if !vml]><![endif]>
Check
<![if !vml]><![endif]>
Check, Pilot-Operated sampai Terbuka
<![if !vml]><![endif]>
Check, Pilot-Operated sampai tertutup
<![if !vml]><![endif]>
Katup Dua
Arah
(a) Dua posisi
<![if !vml]><![endif]>
Secara
normal tertutup Secara normal terbuka
(b) Posisi tidak tetap
<![if !vml]><![endif]>
Terbuka
normal Tertutup normal
Katup Tiga
Arah
(a) Dua Posisi
Terbuka normal
<![if !vml]><![endif]>
Tertutup normal
<![if !vml]><![endif]>
Check valve
ganda
<![if !vml]><![endif]>
Katup empat
arah
<![if !supportLists]>(a)
<![endif]>Dua posisi
<![if !vml]><![endif]>
Normal
<![if !vml]><![endif]>
Digerakkan
<![if !supportLists]>(b)
<![endif]>Tiga posisi
<![if !supportLists]>(c) <![endif]>Arah aliran
untuk kondisi senter katup tiga posisi.
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Katup
Kontrol Tekanan
<![if !supportLists]>(a) <![endif]>Relief
Tekanan
<![if !vml]><![endif]>
Simbol yang disederhanakan
<![if !supportLists]>(b)
<![endif]>Programa/rangkaian
<![if !vml]><![endif]>
<![if !supportLists]>(c)
<![endif]>Pengurang Tekanan
<![if !supportLists]>(d) <![endif]>Pengurang
dan Pembuangan Tekanan
Posisi Tidak Tetap Pada Katup Tiga
Arah
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Posisi Tidak
Tetap Pada Katup Empat Arah
<![if !vml]><![endif]>
Katup
Kontrol Aliran
<![if !supportLists]>(a) <![endif]>Dapat
disetel, Nonkompensasi (Kontrol Aliran pada masing-masing Arah)
<![if !supportLists]>(b) <![endif]>Dapat
disetel dengan Bypass
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.
<![endif]>Dapat disetel dan Tekanan
yang Terkompensasi dengan bypass
<![if !supportLists]>d.
<![endif]>Dapat disetel, Temperatur
dan Tekanan yang terkompensasi
<![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>
Ruang komponen tertutup
<![if !vml]><![endif]>
Ruang komponen
tertutup bisa dikelilingi oleh simbol yang sempurna atau sekelompok simbol yang
menunjukkan suatu asembli. Simbol ini biasa digunakan untuk memberikan lebih
banyak infomasi tentang sambungan dan fungsi komponen. Ruang tertutup
menunjukkan ujung komponen atau asembli. Port eksternal diasumsikan dalam garis
tertutup dan menunjukkan sambungan komponen.
Pompa,
Displacement ganda, displacement tetap, Satu Isap dan Dua Pembuang
<![if !vml]><![endif]>
0 Response to "SIMBOL SISTEM HIDROLIK"
Posting Komentar
Trimah Kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar.